Baterai Nokia Diisi tidak menggunakan Kabel

Wireless power merupakan teknologi yang masih dalam tahap pengembangan. Walaupun dalam sejumlah pengujian di lab peneliti telah berhasil “menembakkan” listrik dalam jarak beberapa meter pada bola lampu, saat di mana laptop atau ponsel kita bisa diisi ulang tanpa perlu menyambungkannya ke catu daya, masih cukup jauh.Meski begitu, Nokia telah mengambil langkah awal menuju arah tersebut. Produsen ponsel asal Finlandia itu telah membuat prototipe ponsel yang dapat mengisi ulang dirinya sendiri menggunakan metode yang unik. Ponsel mengumpulkan gelombang radio di udara dan mengubah energi tersebut menjadi sumber energi yang dapat dimanfaatkan. Setidaknya cukup untuk membuat baterai ponsel tidak kosong.


Pada umumnya sistem daya nirkabel didesain dengan transmitter dan receiver. Tetapi, sistem yang dibuat Nokia tidak mempermasalahkan dari mana ia mendapatkan gelombang nirkabel. Pasalnya, radio, TV, dan ponsel, semuanya memantulkan gelombang di udara dan sebagian besar di antaranya tidak digunakan, diserap oleh lingkungan, atau berserakan di lapisan atmosfir.Nokia memanfaatkan gelombang dan menggunakan energi elektromagnetik yang dikumpulkan dari berbagai frekuensi tersebut untuk membuat arus listrik. Arus listrik inilah yang kemudian dipakai untuk mengisi ulang baterai ponsel.Meski begitu, mengumpulkan energi elektromagnetik tetap tidak akan menghasilkan listrik yang cukup untuk memasok seluruh peralatan di rumah atau di kantor. Akan tetapi, untuk menjaga ponsel tetap aktif sudah cukup.Saat ini Nokia mampu mengumpulkan seluruh energi 5 miliwatt dari udara, sementara targetnya adalah meningkatkannya menjadi 20 miliwatt dalam jangka pendek dan 50 miliwatt dalam jangka waktu yang lebih lama. Daya sebesar itu tidak akan cukup untuk menghidupkan ponsel saat melakukan panggilan, tetapi cukup untuk mengisi ulang baterai saat ponsel sedang tidak digunakan. Secara teoritis, metode ini akan memberikan pasokan daya yang tidak terbatas, tentunya jika penggunanya tidak sedang berada jauh di bawah tanah di mana gelombang radio tidak bisa menjangkau.Nokia sendiri berharap dapat meluncurkan produk berteknologi tersebut ke pasar dalam waktu tiga sampai lima tahun ke depan.

Baca Artikel Yang Terkait



36 komentar:

cara belajar said...

wahh...

kaya gimana tuh....

masa transfer elektron????

duh... susah bener mikirnya....

=)

Cara Belajar

sewa mobil said...

wah baru tau nih.....
thx sob buat infonya

stop dreaming start action said...

makasih mas infonya jadi tambah wawasan

owner www.icakicik.com said...

nice bgt
from owner http://icakicik.com

anak nelayan said...

wah keren yaa kalo semua serba wirelles

bamz-Rusli Zainal Sang Visioner said...

mohon dukungannya sobat di kontes saya di :

Kontes SEO Aristia Wida Rukmi | Kontes SEO Aristia Wida Rukmi | Rusli Zainal Sang Visioner

Stop Dreaming Start Action said...

gOOD info bro..!!!
Mohon Dukungannya Stop Dreaming Start Action

Rusli Zainal Sang Visioner- bamz said...

wah makin kencang aza nih perkembangan zaman, pa kabar sobat?

Kontes SEO Aristia Wida Rukmi | Kontes SEO Aristia Wida Rukmi | Rusli Zainal Sang Visioner | Rusli Zainal Sang Visioner

Stop dreaming start action said...

teknologi gak ada matinya deh... tinggal tunggu nrh 3-5 tahun kedepan.... keep share

itthai said...

Ooo.. gtu ya..
hehe...
mksh mas informasinya

rental mobil said...

wah hebat neh. awal mula bikin UFO yg bahan bakarx tidak pake kabel. hee...he...

peluang investasi said...

moga aja cepat keluar tuh alat
gua bakal beli kalau harganya 10.000

Achmad Suryadi said...

Infonya okeh nieh....

oes tsetnoc said...

Macam-macam ya sekarang.. dulu pake batu, sekarang? cuma pake angin alias wire..ckckckck

WandI NewS said...

Nitip ya sob.... Awas kalau sampe Hilang.... :D

Blog Tutorial | Photoshop Tutorial | Download Software

Video Boys Before flowers dan Sinopsis

Foto Pemain Boys Before Flowers

Download Lagu Boys Before Flowers

Sejarah Tari Pendet

wandi news

Gadgets said...

keren dech postingannya...

Ayu Tri said...

saya baru tau ni ada teknologi kyk gini..
mudah2an aja cepat direalisasikan...


tq ya infonya.. nice info

Rumah dikontrakan said...

Informasi yang sangat berguna. tekhnologi sekarang memang cepat sekali berkembangnya. terima kasih ya buat postingannya!

Bisnis Pulsa GSP said...

Makin canggih aja ya! tapi rasanya pengaruh negatifnya terhadap manusia pasti ada.

Gadgets and Technology said...

dah lama ga mampir, lg bosen ngeblog, xixixi....

ICT Learning said...

Wah.. gimana dengan cantact di sekitarnya apakah ga kesetrum..

anggit herdian said...

baru tahu kalau ada teknologi secanggih itu.. ternyata gak cuma sinyal.. listrik juga bisa.... besok pasti bisa tranfer barang pakai email.. he....

Miss Gadget said...

Makin keren aja nich kemajuan teknologi, moga2 bisa cepet sampe disini hingga kita bisa menikmati teknologi yang satu ini..

Point Loma real estate said...

This is an excellent and very useful technology develop by Nokia...not only that you get to charge your phone but you are also saving electricity..I hope other phone companies will also follow the examples set by Nokia..:)

Tuntunan Shalat Sunnah said...

Terimakasih infonya..

toko kaos Islami said...

suatu terobosan teknologi terbaru dr nokia. thanks for sharing

xamthone plus said...

wah.... gmna cara.a tuh?
ga ngerti?

Rattan Furniture said...

Ini baru keren.. aku baru tahu... bener2 mantap yakin... kalo bisa dikembangkan ke arah yang lebih besar..., kayaknya global warming bisa diminimalisir deh...

agen jelly gamat bandung said...

wahh boleh juga nich klo gitu......
thanks ya atas infonya...

obat herbal penyakit stroke said...

canggih bener nih nokia...
semoga bisa cepet-cepet bisa tersebar di pasaran...

zxria said...

semoga saja bisa terwujud

pakaian indonesia said...

oh ya,baru tau..
nice info!

nopha kartika said...

tapi sayangnya saya ngga pake nokia..

arie said...

wah ini artikel lama nih!

tapi ko saya baru tahu ada alat kaya gitu ya,hehe...

Printing said...

terima kasih ya postingannya :) bermanfaat banget nih

tyan said...

waaaaaww..
nice inpho..
bisa buat inspirasi

Post a Comment

Next previous home
 
    Copyright 2010 Sharing Ilmu Pengetahuan By Devit Naibaho