10 Kebiasaan dan Perilaku yang Merusak Otak

Berikut merupakan kebiasaan yang sering kita lakukan dan tanpa kita sadari perilaku dan kebiasaan itu dapat menyebabkan kerusakan Otak.
1. Tidak mau sarapan
Banyak orang menyepelekan sarapan, padahal tidak mengkonsumsi makanan di pagi hari menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. Hal ini berakibat pada kurangnya masukan nutrisi pada otak yang akhirnya berakhir pada kemunduran otak.

2. Kebanyakan makan
Terlalu banyak makan mengeraskan pembuluh otak yang biasanya menuntun kita pada menurunnya kekuatan mental.

3. Merokok
Merokok ternyata berakibat sangat mengerikan pada otak kita. Bayangkan, otak kita bisa menyusut dan akhirnya kehilangan fungsi-fungsinya. Tak ayal diwaktu tua kita rawan Alzheimer.

4. Terlalu banyak mengkonsumsi gula
Terlalu banyak asupan gula akan menghalangi penyerapan protein dan gizi sehingga tubuh kekurangan nutrisi dan perkembangan otak terganggu.

5. Polusi udara
Otak adalah bagian tubuh yang paling banyak menyerap udara. Terlalu lama berada di lingkungan dengan udara berpolusi membuat kerja otak tidak efisien.


6. Kurang tidur
Tidur memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. Sering melalaikan tidur membuat sel-sel otak justru mati kelelahan.

7. Menutup kepala ketika sedang tidur
Tidur dengan kepala yang ditutupi merupakan kebiasaan buruk yang sangat berbahaya karena karbondioksida yang diproduksi selama tidur terkonsentrasi sehingga otak tercemar. Jangan heran kalau lama kelamaan otak menjadi rusak.

8. Berpikir terlalu keras ketika sedang sakit
Bekerja keras atau belajar ketika kondisi tubuh sedang tidak fit juga memperparah ketidakefektifan otak.

9. Kurangnya stimulasi otak
Berpikir adalah cara terbaik untuk melatih kerja otak. Kurang berpikir justru membuat otak menyusut dan akhirnya tidak berfungsi maksimal.

10. Jarang bicara
Percakapan intelektual biasanya membawa efek bagus pada kerja otak.

Mungkin bisa di tambahkan dan sharing di sini jika ada kebiasaan buruk anda yang sering anda lakukan untuk menambah wawasan dan pengetahuan bersama.

Baca Artikel Yang Terkait



27 komentar:

blog sedekah said...

wah,,aq lom bs brenti merokok,,

BIG SUGENG said...

Saya kalau tidur nggak pernah nutup kepala, saya nutup pintu saja

TRIMATRA said...

bikin kapling dulu ahh....... mumpung jadi pertamaxxxxx

3matra said...

kok ga dijelasin sekalian kerusakan otka berupa apa? pikun....kangker...atau makin bobo? hihik, protes mulu nih

kifni said...

ada lagi sob...
jedot2in kepala di tembok...
He...He...

Trims infonya sob...

j_zulay said...

Waduh ane perokok berat nih :8

Ghustie Samosir said...

Hmmm gitu yach sob
Bagus banget nech infonya, merokok salah 1 yang susah gw ilangin hehhehe

Regards,
Ghustie Samosir
www.hanyainfo.blogspot.com

Toyota Prius II Hatchback said...

makasih tipsnya.....

satu hal yang paling sering aku lakukan: kebanyakan makan.

Kira2 gmana yach...agar nafsu makan berkurang.

U comment I follow

angga - singapore airlines strategy said...

Wah, kebanyakan blogger punya kebiasaan di atas tuh, termasuk saya.
Thanks for share ya

angga - singapore airlines strategy said...

nah.. loh kebanyakan blogger punya kebiasaan seperti di atas. Musti hati2 tuh hehehe
Thank for share ya

Seno Rasca said...

waduh, aku jarang sarapan....

it news said...

Trims infonya bro..
keep blogging...

Photoshop Tutorial said...

I Like U Post..Thanks For Informations

sewa mobil di surabaya said...

saya suka coklat....
apakah itu termasuk mengkonsumsi gula yang berlebihan...

Ian said...

Jadi ngeri nih liat postingannya hiiiiyy

furniture indonesia said...

thanks ya infonya

Small Cap Stock Picks said...

Wow! I never really thought that talking a lot can help you develop your brain...but I guess this is true since when you talk you are also stimulating your brain so in a way, you are also exercising it.

Rull'sSign said...

wah ini post yg lg ane cari.., jd pas bgt bwt tambah wawasannya...

Rull'sSign said...

sama w jg lum bs brenti mrokok ni.., ada cara lain ga slain rokok??

obat tradisional penyakit thalasemia said...

makasi atas info'a,,info'a membantu,..

Obat Herbal Kanker Usus said...

waduh berarti aku salah bener yah, itu semua hmpir kebiasaan saya gan

obat herbal lemah syahwat said...

makasih dah ngasih taw ..semoga bermanfaat

teguh said...

thankss...

artikel yang bagus..

B)

xamthone plus said...

mmmmzzz,,saya malah suka gk bisa tidur kalau gk di tutup kplanya,,,
ternyata itu bahaya ya gan >

Agen Xamthone plus jawa barat said...

elzheimer itu suatu penyakit apa bukan???

obat herbal penyakit gagal ginjal said...

maksih infonya , yang sering aku lakukan yaitu kurang tidur

obat herbal penyakit kelenjar getah bening said...

good post , makasih infonya

Post a Comment

Next previous home
 
    Copyright 2010 Sharing Ilmu Pengetahuan By Devit Naibaho