14 Cara Menghemat BBM Kendaraan Mobil dan Motor

Saat ini memang zaman susah....zaman yang semuanya serba mahal yang bisa bikin kantong Bolong..hehe..Bukan hanya masalah untuk menghemat UANG sobat tetapi juga sekarang mulai "KRISIS ENERGI". Mulai dari sekarang tidak ada salahnya buat kita semua untuk mulai "MENGEMAT" Bahan Bakar Minyak (BBM) demi kelangsungan dan masa depan anak cucu kita nanti. Berikut merupakan cara menghemat BBM :
1. Memanaskan mesin
Menjalankan mobil tanpa memanaskan sama sekali sama saja memboroskan bbm karena pembakaran belum ideal. Sebaliknya, memanaskan terlalu lama juga berarti membuang bbm sia-sia. Mobil2 modern hanya membutuhkan 30 detik – 1 menit sebelum dijalankan.

2. Menjaga putaran mesin
Kita semua tahu putaran mesin terlalu tinggi memboroskan bbm. Tapi tahukah anda, putaran yang terlalu rendah juga demikian. Paling ideal, saat berjalan normal selalu tempatkan putaran mesin antara 2000 – 3500 rpm. Di sinilah terdapat paduan konsumsi bbm & tenaga optimal

3. Engine braking
Di pasaran sekarang, 99% mobil menggunakan sistem injeksi elektronik. Makanya cara penghematan ini paling tepat dilakukan. Biasakan melakukan engine braking saat memperlambat kendaraan. Caranya, lepas gas tanpa memasukkan gigi ke netral terlebih dahulu. Cara ini akan menghentikan total suplai bensin ke mesin. Berbeda jika transmisi dimasukkan ke netral, bensin masih disuplai untuk menjaga mesin tetap hidup.

4. Menjaga kecepatan konstan
Pengereman dan akselerasi mendadak selalu membutuhkan energi besar. Dan di mobil, sumber energi utama adalah bahan bakar. Usahakan menyetir konstan tanpa menginjak gas atau rem mendadak. Membelokkan kemudi dengan lembut juga memberikan kontribusi penghematan bbm, ketimbang membanting setir mendadak yg akan menurunkan kecepatan secara drastis.

5. Gunakan perbandingan untuk menilai hemat tidaknya bahan bakar supaya Anda mendapatkan jenis mobil paling efektif bahan bakarnya.


6. Jangan terpaku pada roda yang nyaring. Pastikan kondisi roda mobil Anda bagus. Roda yang pemasangannya tidak pas atau terlalu dibuat-buat bisa membuat mobil Anda boros bensin.

7. Jaga agar mobil tetap dingin – Tapi jangan bakar semua bensin ketika mobil Anda memanas. AC menghabiskan bahan bakar, jadi sebaiknya jangan terlalu sering menyalakan AC. Mobil dengan eksterior dan interior lebih ringan memiliki temperatur lebih rendah dan tentunya mengurangi kebutuhan AC yang juga memerlukan bahan bakar.

8. Jaga kecepatan. Kecepatan optimal untuk efisiensi bahan bakar adalah 55 mil per jam. Ketika mengemudi di jalan terbuka, Anda harus tetap pada kecepatan 55 mil per jam.

9. Jangan terlalu membebani mobil — makin berat mobil Anda makin banyak bensin yang akan dihabiskan. Kendaraan SUV dan truk yang memiliki mesin lebih besar biasanya membutuhkan lebih banyak bahan bakar. Jadi lebih baik Anda hindari memenuhi bagasi mobil untuk menjaga beban mobil dan mengoptimalkan efisiensi bahan bakar.

10. Anda sebaiknya bepergian secara kelompok dan naik kendaraan umum kapanpun memungkinkan. Jika jarak ke tempat tujuan lebih dekat, bersepeda atau jalan kaki tentunya menghemat bahan bakar sekaligus memberi kesempatan Anda menikmati hangatnya sinar matahari.

11. JANGAN mengerem secara tiba-tiba mengganggu penghematan bensin secara optimal.

12. Membiarkan mesin tetap hidup ketika berhenti menghabiskan lebih banyak bensin dari pada menghidupkan kembali. Jadi sebaiknya Anda matikan mesin mobil Anda pada situasi seperti ini.

13. Pengemudi yang menggunakan transmisi manual sebaiknya tetap menggunakan persneling tinggi begitu mereka melaju cepat untuk memanfaatkan bensin sebaik mungkin.

14. Rawat dan serviskan mobil Anda secara teratur. Busi yang aus, rem yang tidak berfungsi bagus, dan cairan transmisi yang rendah semua bisa mengganggu efisiensi bahan bakar mobil.


Baca Artikel Yang Terkait



529 komentar:

«Oldest   ‹Older   401 – 529 of 529   Newer›   Newest»
indovision said...

terima kasih tipsnya mas, bs sy terapkan nih :)


indovision

jelly gamat said...

thanks banget tipsnya, bermanfaat...

obat asma said...

terima kasih info nya

Jual sketsel said...

Wah artikelnya sangat berguna mas, semoga rezekinya dilancarkan.

http://jualsketsel.com/

xamthone said...

mantap nie sangat menarik nie.........

jauhari mk said...

Terimakasih sharing ilmunya.
Menambah wawasan dan sangat berguna bagi saya.
Terimakasih

obat kanker payudara said...

info yang menarik nih
thanks ya

Artikel Islami said...

Artikel yang bermanfaat, trim

xamthone plus said...

mantap juga nie info nya sangat bagus dan sangat menarik nie...........

bimo said...

infonya bermanfaat banget nih mas... makasih ya...

indovision said...

ane coba tips nya gan, smga beneran hemat.. hehe

xamthone said...

mantap nie mas bro sangat bagus dan sangat menarik nie info nya .........

xamthone plus said...

mantap nie info nya ,sangat menarik nie.....

arjuna said...

betul betul betul

bajumuslimbagus said...

tips2nya sangat bermanfaat,,salam kenl

mobil-wallpaper said...

trims ama tipsnya gan....bisa dicoba nih tipsnya

nasmoco said...

hebat tau bener seluk beluk karakter drive style, dijelaskankan cukup gamblang dan ringkas. walaupun ada sedikit yang kurang tapi tetep masuk. keren dah buat om yang satu ini salam kenal.

Makanan Sehat Bagi Penderita Asam Urat said...

waah, makasih nih atas car-caranya, semoga sukses dan berhasil ya.
salam kenal

shindu ramandita said...

nice share :)

Newbie said...

info yang bagus banget gan... ijin copas

ultrasonic thickness said...

makaseehh bgttt... atas infonya

Cara Mengobati Penyakit Nyeri Sendi Secara Alami said...

waah, makasih nih atas cara-cara nya,,saya akan coba langsung pada motor saya,,memang motor saya sering sekali aus akan BBM..
sekali lagi makasih ya, dan salam kenal

gedung pernikahan di jakarta said...

wah kita harus hemat BBM nih ....

XAMthone plus said...

info nya sangat bagus dan sangat menarik nie,,,,,,

Photoshop Logo Template said...

Mantab gan, sharing yang bermanfaat...
Terus berkarya, saya tunggu posting selanjutnya ya...
:)

xamthone said...

oke juga nie sangat bagus dan sangat menarik nie,,,,

cara pemesanan xamthone said...

thanks nih tipsnya

aplikasi hp said...

facebook....
mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat

xamthone plus said...

info nya sangat bagus dan sangat menarik nie,,,,,,,

pengobatan alami asam urat said...

wah lumayan ni, kalo bisa di akalin. trimaksih bro infonya..!

obat darah tinggi said...

cara menghemat BBM motor gmna????

babloglo said...

tapi sekarang kan banyak tuh mas sejenis cairan yang bisa bikin hemat BBM hingga 50%..
om saya pernah nyoba..beneran top cer tuh cairan,,tapi saya jg lupa namanya apa...
yang pasti sih ngeluarin duit dikit..hehehehe
siapa tau gara2 postingan ne..om saya gk perlu lagi bli cairan itu...hahahaha..lebih hemat jadinya..

Lowongan Kerja said...

hari gini mana bisa hemat BBM soalnya macet dimana-mana....

nasmoco said...

memang untuk penghematan dalam bahan bakar perlu mengubah dalam gaya mengemudi

obat herbal alami usus buntu said...

mantap juga nie sangat bagus nie,,,,,,

TOP 1 Oli Sintetik Mobil-Motor Indonesia said...

salam kenal, mohon dukungan untuk kontes SEO yang sedang berlangsung ya gan =)

weather station said...

nnice inpooo

obat herbal penyakit gagal ginjal said...

infonya bagus gan ,
makasih banyyak

obat herbal penyakit kelenjar getah bening said...

good post .
keep spirit gan

Top 1 Oli Sintetik Mobil-Motor Indonesia said...

akan saya coba sob

irwan said...

tipsnya bagus banget gan, ga pernah kepikir sebelumnya

Pasang iklan baris gratis tanpa daftar said...

Sipp,,,mantap info nya gan,salam kenal!!

Konsultasi Spiritual said...

makasih atas infonya gan...salam kenal gan

sewa mobil di surabaya said...

nice post

Obat herbal glaukoma said...

info nya sangat bagus nie gan,,,,,

obat herbal asam urat said...

yang paling efektif untuk hemat BBM kalau bepergian jarak dekat jangan pakai kendaraan bermotor gan,pisss

refill toner said...

Setuju, info yang bermanfaat untuk semua. Kalau saya cenderung mematikan kendaraan ketika lampu merah. Kira-kira 10-20 detik sebelum hijau baru kita hidupkan mesinnya. Lumayan, bisa hemat BBM.

vcd murottal alquran said...

Penghematan berarti mensyukuri rejeki karuniaNya. Mesti kita lakukan agar Dia menambah terus nikmatNya untuk kita.

XAMthone plus said...

mantap juga nie info nya sangat bagus dan sangat menarik nie,,,,,,,

obat alternatif asam urat said...

bahasan yang sangat berguna.tks

Rumah Dijual said...

yah kita harus menghemat BBm agar menjadi salah satu masa depan yang cerah

Toko Perlengkapan Bayi Murah said...

trims infonya...bagus.

salam kenal

roy said...

di jaman ,dimana bahan bakar semakin langka, mahal dan polusi yang tinggi. pengetahuan tentang cara merawat dan mengemudi yang baik, sangat menolong untuk penghematan bbm, uang dan penyelamatan lingkungan. thanks untuk sarannya.

serba news said...

nice info gan

Bagi-in.com | Tempat Berbagi Apapun Yang Bermanfaat said...

wah tipsnya patut dicoba nih....
thx gan buat share'y ....

Fashion and Shopping Center said...

dan satu lagi biar hemat pake cairan tambahan lagi...

recipe book said...

These tips absolutely nice bener

besides befitting the absurdity of ammunition also

be accurate in driving

thanks info

Pasang Iklan Baris Gratis said...

Nice info,tks gan.salam kenal?

Penumbuh Rambut said...

Nice info. Lanjutkan menulis artikel yang menarik....

agen jelly gamat bandung said...

sip,,,artikel yang bermanfaat, buat penghematan

ANA ARISANTI said...

makasih infonya, salam kenal

software akuntansi said...

Info yg keren abis tuh....blh dicoba.

Diaz Allan Anggriawan said...

nice share ga,,, salam kenal....

Rumah dijual said...

terima kasih infonya

Obat Tradisional Asam Urat said...

infonya bermanfaat ni gan..
mkasih ya buat infonya.. :)

backlink gratis klik disini... said...

TOP BGT buat diamalin....
thanks ilmunya...

Toko Furniture Jepara.com said...

informasinya sangat bermanfaat gan! thanks banget yach,,,

The Kampret said...

penghematan juga berarti menghemat isi kantong,... trims tipsnya..
Ban Terbaik Di Indonesia GT RAdial

Rumah dijual said...

Thanks dah share gan, Great posting
Haha

Obat Tradisional Asam Urat said...

wah artikel yg bagus ni gan..
infonya bermanfaat banget!!
saya juga setuju banget, kita hrus menghemat BBM demi kelancaran bersama :)

Growth Hormone Supplements said...

Makasih infonya,sangat bermanfaat bagi saya yang sering mengendarai kendaraan bermotor demi efisiensi...

toy said...

wew, bagus infonya bro
saat ini hemat bbm sifatnya wajib, karena keadaan perekonomian dan kondisi negara masih labil

luciser said...

Hahaha. btul juga tuh.. tips yang bermanfaat.

Rain said...

thx infonya gan...

belajar forex said...

wah tips nya menarik banget nihh.. :)

lowongan kerja said...

makasih tips nya...

Obat Herbal Asam Urat said...

nach nie baruu kereeennn...
..

Konveksi Tas said...

Keren gan. Cocok buat ane nih yang suka pulang pergi jauh.

Kalo berkenan mampir juga ke web ane ya..

Pabrik Tas

Bandar Bola said...

BAru tau ngerem mendadak juga ngaruh ke bensin

obat tradisional gagal ginjal said...

info yang bermanfaat gan, ,,,terimakasih dan salam kenal aja gan

toraja homeland said...

klo kita pikir secara logis memang sih,,tapi kira2 berapa persen penghematannya,soalnya belum pernah coba sih,,,,

menambah tinggi badan said...

wow . rupanya hal hal kecil seperti ini gak pernah saya perhatikan untuk motor saya. makasih mas udah memberikan ilmu tentang penghematan motornya . moga moga ini bermanfaat .

Obat Herbal Hepatitis B said...

orang ngirit cepet kay ay gak??

Pusat Penjualan Xamthone Plus di Surabaya said...

terima kasih gan, infonya bagus sekali....

jelly gamat said...

boleh juga nie di coba... makasih atas informasinya...
sangat bermanfaat

Belajar Forex said...

infonya menarik banget gan !!!

steve @save money ideas said...

it is good

steve @save money ideas said...

it is well

Obat alami asam urat said...

oke juga nie info nya sangat bagus dasn sangat menarik nie gan,,,,,,,

agiptek said...

Mantab, bagus
informasi ini menarik dan sangat membantu
terimakasih

tyan said...

nice tips gan

Agen Jelly Gamat Gerung said...

dan satu lagi tips, tips ke 15, kendaraan jangan teralu dipakai, dan bensin harus selalu penuh....

Keputihan said...

Trims infonya, semoga makin sukses :)

si abhi said...

jadi juga nih buat nambah nambah wawasan :)

steve @save money ideas said...

it is good

Berita Honda said...

Makasih GAn Infonya,. Ane yakin Sangat Bermanfaat Buat Para Pengguna Jalan,. Hhehee

Obat alami asam urat said...

mantap juga nie sangat bagus dan sangat menarik nie,,,,,,,,,,

Kanker Usus Besar said...

tapi ada lagi cara yang lebih hemat, isi yang penuh lalu simpan, mungkin dalam waktu satu bulan bnsinnya ga bakalan habis, heheheheheheeh

diana said...

terima kasih atas tips2nya. nanti saya coba .

glewonews said...

pertamaaaax lam kenal sob

Obat herbal untuk glukoma said...

makasi gan info nya.tpi saya belum ada mobil entar kalau udah ada akan saya coba cara di atas

Joe said...

nice info

universitas terbaik said...

keren nih caranya.,,
tapi lebih irit lagi ya itu, gk usah dipakek...
taro aja di gudang.. heheh

Obat Tradisional Tumor Lambung said...

thank fro al information...........

Obat herbal untuk radang paru-paru said...

info yang menarik untuk disimak.
salam kenal all

karikatur said...

Thanks... :)

Obat herbal sinusitis said...

thank for all information....

solusipromosi said...

mantabbb infonya gan... :)

donadhoni said...

mantab gan..
follow blogku jg ya gan, sama2 pecinta blogger on>> http://dhoni-ds.blogspot.com/

BOKEP INDONESIA said...

makasih atas infonya yah... sangat berguna di jaman di mana bbm naek... hahahaha

kios obat said...

saran yang bagus om supaya kita tidak terlalu sering pergi ke pertamina...heheehhe

Cara Alami Penyembuhan Penyakit Tumor Rahang said...

ilmunya bermanfaat sekali, terima kasih....

Sunx said...

terima kasih infonya

xamthone plus said...

wah ini solusi yang sangat bermanfaat nih...
tank's banget ya gan

master of love said...

wah,,,,kebetulan banget,nemu info baru
praktekin dulu akh,,,,,

No. 1 in Google said...

hemat wajib tu brow....gimana klo gak ada bensin...apa motornya mau di tuntun..he he h e....kunjungna balik ya...lagi butuh follower nih...

Meletus blog said...

mantep artikel nya

obat penyakit diabetes mellitus said...

thanx

xamthone plus batam said...

makasih tips nya kang..

Camping Checklist said...

Selese Baca , ninggalin jejak dulu. Smoga Sukses

SUNX said...

Thanks untuk infonya

Tour Karimunjawa said...

langsung dipraktekkan... thanks gan infonya

pengobatan alami kanker hati said...

ternyata menghemat BBM itu sangat mudah ya.. terimakasih atas informasinya, sangat bermanfaat

obat herbal asam urat said...

makasih tips dan caranya yahh ?

Obat Tradisional Kanker Payudara said...

baru tau saya jika cara mengerem pun bisa menghemat bahan bakar...

Gold-g Gamat said...

saya coba yah awas loch low boong..heheheee

kenji said...

buat motor jadul ane berlaku ga yah..hehee

Obat Kanker Payudara Herbal said...

wah share yang sangat bermanfaat nih !
makasih gan

obat penyakit gaukloma said...

tuh pentig buat ngirit bbm,lagi mahal gan,thanks infonya

«Oldest ‹Older   401 – 529 of 529   Newer› Newest»

Post a Comment

Next previous home
 
    Copyright 2010 Sharing Ilmu Pengetahuan By Devit Naibaho