Tips Membuat Rencana Bisnis Agar Sukses

Zaman Saat ini mau mencari suatu pekerjaan adalah Hal yang Sangat Sulit Bro apalagi di Masa era Globalisasi saat ini Persaingan Begitu ketat.Saat ini kita di Tuntut untuk bisa menjadi seora ng pembisnis yang bisa membuat Lapangan Pekerjaan dan menekan pengangguran.Business Plan (BP) pada dasarnya adalah deskripsi tertulis mengenai masa depan bisnis, yang menjelaskan APA dan BAGAIMANA rencananya. BP biasanya digunakan oleh wiraswastawan yang sedang mencari calon investor untuk menyampaikan visi mereka kepada calon investor. BP juga sering kali digunakan oleh perusahaan untuk menarik karyawan penting, prospek bisnis baru, berhubungan dengan supplier, atau bahkan hanya untuk diberikan kepada siapapun agar mereka lebih mengerti bagaimana mengelola perusahaan secara lebih baik.

BP pada umumnya terdiri dari Tujuan bisnis, Strategi yang digunakan untuk mencapainya, Masalah potensial yang kira-kira akan dihadapi dan cara mengatasinya, Struktur organisasi (termasuk jabatan dan tanggung jawab), dan Modal yang diperlukan untuk membiayai perusahaan dan bagaimana mempertahankannya sampai mencapai break even.

Menarik tidaknya sebuah BP juga tergantung pada bagaimana cara menulis dan menyusunnya. Seringkali kita memiliki ide bisnis yang brilian, namun belepotan dalam mengungkapkannya dalam bentuk BP. Sebuah perencanaan Bisnis akan baik apabila mengikuti pedoman yang telah disepakati secara umum dalam dunia bisnis, baik dari segi susunan maupun isi.

Ada 3 bagian utama dari sebuah Perencanaan Bisnis:
1.Yang pertama adalah Konsep Bisnis, yang menjelaskan secara rinci industri yang digeluti, struktur bisnis, produk dan jasa yang ditawarkan dan bagaimana rencana untuk mensukseskan bisnis.
2.Yang kedua adalah market/pasar, yang membahas dan menganalisa konsumen potensial: siapa dan dimana mereka berada, apa yang menyebabkan mereka mau membeli, dan lain-lain. Dalam bagian ini, juga perlu menjelaskan persaingan yang akan dihadapi dan bagaimana memposisikan diri untuk memenangkannya.
3.Yang ketiga adalah Finansial, mencakup estimasi pendapatan dan arus kas, neraca serta rasio keuangan lainnya, seperti analisis break even. Untuk ini mungkin akan memerlukan bantuan seorang akuntan dan program software spreadsheet yang bagus.

Ketiga bagian tersebut dapat dibagi-bagi lebih jauh lagi, menjadi 7 komponen kunci:
1.Executive summary
2.Deskripsi Bisnis
3.Strategi pasar
4.Analisis kompetitif
5.Rencana Desain dan Pengembangan
6.Rencana Operasi dan Manajemen
7.Faktor-faktor keuangan

Panjang pendeknya sebuah BP sangatlah tergantung fungsi perencanaan bisnis itu sendiri. Biasanya BP setebal 15 - 20 halaman. Namun jika mengajukan sebuah bisnis baru atau bahkan industri baru, maka akan memerlukan penjelasan lebih untuk menyampaikannya, bahkan mungkin sampai 100 halaman lebih. Demikian pula jika membutuhkan jutaan dolar sebagai modal untuk memulai suatu usaha yang beresiko, maka akan perlu untuk menyediakan banyak penjelasan untuk meyakinkan. Namun jika hanya ingin menggunakan perencanaan tersebut untuk tujuan internal, untuk mengatur bisnis, maka sebuah versi singkat sudah cukup memadai.

Baca Artikel Yang Terkait



17 komentar:

business news said...

aloo salam kenal tukeren lnk yukk

budiawanhutasoit said...

bebrp komunitas sperti TDA (Tangan Di Atas)..agak tdk suka yg sedkit ribet..yg mereka utamakan adalah Action..kalo tlalu banyak nge-Plan..Action-nya ga jalan2..
makanya AMH = Action Miracle Happen..
planning dibutuhkan, tapi tlalu banyak mikir..bisa2 jalan di tempat.
Pak Purdie Chandra, kalo menjalankan bisnis ga pake planning yg njilimet..Jalankan dulu..ada masalah nanti bisa dijalankan..dan dia sukses dgn Primagamanya dan EU (Enterpreuner Universitynya).
anyhow..thanks utk tipsnya ya..

trimatra said...

ya begitulah , ada banyak style dalam menjalani bisnis ada yang sukanya perfect plan diatas kertas baru action, ada yang perfect action only dan ada yg main tabrak lari bermodal insting.

tapi apapun style nya, toh keberhasilan bukan ditentukan oleh style malinkan oleh proses...

Kraxpelax said...

Personal Advertisement.

http://winmir.blogspot.com/ /My I Ching studies. I can assure you, a thriller for Peers. Commons will not get a shit of it.

http://singleswingle.blogspot.com/ /My Poetry.

- Peter Ingestad, Sweden

Wisata Seo Sadau said...

mantaaab terus neh info2 blog ini.. keep share

Seno Rasca said...

wah, finance advisor nih... nice article

chempluk said...

salam kenal aja bro....

Anak Salatiga Belajar SEO said...

Keren bow..
Senang bisa jalanke blog anda..
Boleh Tukeran link?

Bisnis pulsa GSP said...

Kebetulan, Saya lagi proses membuat konsep bisnis untuk jangka panjang nih! Thanks atas pencerahannya.

las vegas short sale said...

Careful business planning is a must especially now that the economic situation is not doing good...you have to think hundreds of times first before you make any drastic business moves to avoid problems and worst getting your business bankrupt later on.

Herman said...

makasih atas infonya. sangat bermanfaat

peluang bisnis said...

thanks atas tipsnya..sangat bermanfaat sekali !

Bisnis Baju Muslim Anak said...

makasih sharing tips nya.Memang beberapa pebisnis lebih menyukai langsung action tapi menurut saya BP juga penting minimal buat guidance atau mapping bisnis kita sebelum terjun ke lapangan, perkara nantinya di tengah jalan ada penyesuaian ya gak pa pa. Itulah proses berbisnis yang sesungguhnya.Sukses ya..

Jamaah Blog Sehat said...

Trims atas infonya Sob..

Lowongan Kerja said...

terima kasih info nya sangat berguna sekali...

Travel Community Center said...

klo zaman sekarang mah harus berani berwirausaha....

Jasa Web Design said...

wah info yg sangat berguna sekali mas.

makasih ya
salam kenal

Post a Comment

Next previous home
 
    Copyright 2010 Sharing Ilmu Pengetahuan By Devit Naibaho